Wakil Bupati Lombok Tengah Apresiasi Kerjasama UNAIR dan UNIQHBA BAGU Bidang Pengabdian Masyarakat

Wakil Bupati Lombok Tengah Apresiasi Kerjasama UNAIR dan UNIQHBA BAGU Bidang Pengabdian Masyarakat

HM. Nursiah, Wakil Bupati Lombok Tengah, memberikan dorongan semangat kepada mahasiswa dan peserta lainnya dalam kegiatan pelatihan Pendamping Produk Halal yang diselenggarakan di Auditorium UNIQHBA pada Jumat, 22 September 2023. Ia menekankan pentingnya pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa dan lingkungan pendidikan yang berlandaskan agama dalam membantu mengatasi tantangan yang dihadapi UMKM di Lombok Tengah, khususnya dalam industri pariwisata. Nursiah juga menyoroti nilai besar dari pelatihan ini, yang diharapkan akan memberikan manfaat signifikan bagi keluarga di Lombok Tengah, dengan meningkatkan mutu produk melalui sertifikasi halal sesuai standar nasional.

HM. Nursiah juga berharap agar para lulusan UNIQHBA dapat berperan aktif dalam upaya pembangunan Lombok Tengah. Ia yakin bahwa lulusan dari universitas tersebut adalah individu yang handal dan memiliki kapabilitas untuk berkontribusi dalam perkembangan daerah ini.

Selain itu, dalam sambutan acara, Ketua Pusat Halal UNAIR, Dr. Apt. Abdul Rahem, mengapresiasi peran serta Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah dalam mendukung UMKM. Ia mengungkapkan kebahagiannya atas fakta bahwa acara pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh Wakil Bupati, yang menurutnya cukup jarang terjadi. Ini menunjukkan komitmen Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah dalam mengupayakan kemajuan dan perkembangan UMKM di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Rahem menyatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat UNAIR tidak hanya berhenti pada pelatihan Pendamping PPH. Mereka juga akan memberikan pendampingan dalam hal keamanan pangan, perancangan kemasan produk, serta memfasilitasi penerbitan sertifikat halal secara gratis bagi UMKM di Kabupaten Lombok Tengah. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan di ballroom Kabupaten Lombok Tengah pada hari berikutnya, yakni tanggal 23 September 2023.

Rahem juga menegaskan pentingnya sertifikasi halal untuk produk makanan di daerah dengan mayoritas penduduk muslim seperti NTB. Sertifikasi ini akan menambah nilai produk lokal di wilayah tersebut. Selanjutnya, mereka akan melakukan pemantauan dan memberikan layanan fasilitas sertifikasi halal secara gratis untuk sekitar 100 produk olahan UMKM yang ada di Lombok Tengah. Selain itu, mereka juga akan memberikan pendampingan dalam hal keamanan pangan dan perancangan kemasan produk.

Comments on Post

Leave a Comment

gacor777 gacor777 gacor777 gacor777 gacor777 https://www.philforhumanity.com/ gacor777 gacor777 gacor777